Pembelajaran tematik adalah pembelajaran dimana semua komponen materi mata pelajaran yang diintegrasikan ke dalam tema yang sama dalam satu unit pertemuan. Di Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Sub Tema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku Sebagiannya membahas tentang Kolase. Kolase adalah sebuah cabang dari seni rupa yang meliputi kegiatan menempel potongan potongan kertas atau material lain untuk membentuk sebuah desain/rancangan tertentu. Nah disini saya akan menguraikan pengalaman saya dalam mengaplikasi Pembelajaran Tematik tentang Kolase. Kolase dapat menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran yang melatih keterampilan motorik halus siswa. Guru dapat menyuruh siswa menempel gambar-gambar dengan bahan-bahan tertentu. Disini saya ambil contoh beras yang sudah diwarnai. Ups, jangan banyak-banyak ya! Bisa-bisa para wali murid protes karena beras untuk ditanak menjadi nasi, bukan ditempelkan pada kertas.
 


 
Kolase ini sangat mudah. Siswa hanya tinggal memberi lem/perekat pada gambar berpola kemudian taburkan material (beras, daun-daun kering, pasir, kertas warna-warni). Tekan pelan agar material dapat melekat dengan sempurna. Kemudian sisihkan sisa-sisa material yang tidak ikut tertempel di kertas.
 
 
 
Itulah hasil teknik kolase dengan gambar bunga matahari. Banyak juga gambar berpola sederhana yang dapat digunakan, misalkan kupu-kupu, buah-buahan, bola, mobil, dsb.  
 
Kelas Kotor…..itu sudah pasti.
Gembira….sangatlah terlihat dari wajah mereka.
Menangis……menjadi bagian kecil saat ada teman yang usil.
Ilmu….sangat banyak yang mereka dapatkan saat mereka membuat hasil karya
 

Dan untuk para orang tua tidak perlu khawatir akan kotornya mereka, sebab setelah kegiatan selesai, mereka “wajib” Membersihkan kelasnya untuk menanamkan rasa tanggung jawab atas kebersihan kelas serta membiasakan Hidup Bersih.
Begitulah Semangat dan senangnya Siswa Siwi MI WAJIB BELAJAR NGARES dalam pembelajaran Tematik tentang KOLASE
 

 

Post a Comment

 
Top