Era digital saat ini memang memudahkan kegiatan kita saat ini, termasuk di dunia pendidikan. Ujian sekolah yang sebelumnya berbasis kertas membuat sekolah menghabiskan dana jutaan untuk mencetak soal. Dari sisi guru, pembuatan dan koreksi soal yang manual juga cukup menyita waktu. Waktu pra-ujian, ujian, dan pasca ujian hingga pencetakan rapor, menjadi momen super sibuk bagi para guru. Dapat dibayangkan jika ujian dibuat online atau CBT (Computerized Based Test), berapa banyak uang dan waktu yang bisa dihemat.

Kementerian Agama Kabupaten Trenggalek, sudah menyadari hal ini. Ujian Nasional di jenjang MI, mulai tahun ini dibuat secara semi-online dengan adanya UAMBN dan USBN Berbasis Komputer. UAMBN dan USBN Berbasis Komputer pada jenjnag MI pada tahun 2019 ini merupakan tahun ke dua karena UABN dan USBN Berbasis Komputer sudah dimulai pada tahun ajaran 2017/2018 yang lalu.

UAMBN dan USBN Berbasis Komputer dikatakan semi-online karena koneksi internet hanya diperlukan pra-ujian untuk sinkronisasi soal dan pasca ujian untuk upload jawaban siswa. Pelaksanaan UNBK tidak memerlukan koneksi internet.

Madrasah pelaksana harus memiliki server, dimana server UAMBN dan USBN Berbasis Komputer ini diperlukan untuk sinkronisasi soal dan data siswa dengan server pusat, serta upload jawaban seperti dijelaskan sebelumnya. Selain mempersiapkan sarana dan prasarana seperti server dan lap top atau lainnya, dalam UAMBN dan USBN Berbasis Komputer madrasah pun perlu menyediakan SDM sebagai proktor, pengawas dan teknisi. 

Sebagai persiapan dalam tahapan semua ujian mulai dari try out dan ujian nasional diperlukan persipan yang maksimal diantaranya adalah persiapan cetak kartu peserta ujian.
 

Berikut link Download nya silahkan di download dan dibagikan ke rekan-rekan operator madrasah :

 Langkah-langkah Instalasi Awal Edubox mini server

Edubox Tutorial


Tutorial
  1. langkah setting awal
  2. Membuat Pelajaran
  3. menambah siswa
  4. membuat ujian baru
  5. membuat soal
  6. impot ujian berbasis Sql
  7. menghubungkan edubox dengan router
  8. Meng-koneksikan EDUBOX ke internet dengan Hotspot HP

Post a Comment

 
Top