EMIS (Education Management Information System) merupakan sistem pendataan sekolah dari kemenag (Kementerian Agama) yang berbasis offline kemudian di upload ke sistem online. awalnya pendataan EMIS di sekolah hanya berupa file excel namun seiring perkembangannya data EMIS dibuat secara online. sekitar tahun 2012 data EMIS pertama kali di isi secara online tapi bisa dikatakan cara tersebut gagal karena banyak keluhan loading aplikasi Emis yang lambat karena overload dengan kata lain sistem aplikasi emis online pada saat itu mengalami kelebihan akses karena pendataan seluruh indonesia mengisi secara langsung dalam satu pintu aplikasi EMIS PENDIS (nama Aplikasi emis pada saat itu).
Pada tahun 2015 ini pendataan EMIS kembali di input secara online dan massal dari sekolah masing-masing. namun dengan sistem yang berbeda, kali ini sistem yang digunakan adalah upload back up data Emis Online yang sebelumnya sudah di input dan di back up pada aplikasi emis offline. dengan cara ini dimungkinkan sebagai cara untuk mengatasi Overload akses server data emis itu sendiri. selain itu juga di lakukan penjadwalan perwilayah di Indonesia, jadi mungkin ini juga sebagai bentuk menanggulangi overload server emis. 

Berikut kami berikan tutorial atau cara bagaimana meng-upload data emis
1. buka situs aplikasi emis online nya http://emispendis.kemenag.go.id
2. kemudian akan terlihat seperti ini. isi nama pengguna dan sandi (konsultasi dengan operator emis pendis kabupaten setempat).

3. Kemudian masuk ke halaman beranda


4. selanjutnya update lokasi sekolah anda.

5. Ubah password operator anda.

6. kemudian Isi Profil pengguna anda

7. selanjutnya masuk ke upload data lembaga sekolah anda.

8. Upload Data Sarana Prasarana

9. Upload Data Rekap Siswa

10. Upload Data Rekap Personal (PTK)

11. Upload Data Detail Siswa

12. Upload Data Detail Personal (PTK)

13. Upload Data Detail Lulusan

14. kemudian proses yang terakhir adalah mengirimkan data upload tersebut ke Kab/Kota setempat untuk di konfirmasi.

Catatan : sebelum anda membuka dan mengupload data sekolah anda di aplikasi EMIS Pendis Online, sebaiknya anda menunggu komando dari Operator Emis Pendis Kemenag Kab/Kota anda untuk menghindari Overload server dan menyesuaikan dengan jadwal peng-upload-an data emis di wilayah anda. kalau saya ikut kabupaten Trenggalek.

Untuk Upload foto ukuran tidak boleh lebih dari 100 kb
Untuk SK Operator Dijadikan PDF dan ukuran tidak boleh melebihi 100 kb

*Silahkan Download Contoh SK Operator

Post a Comment

 
Top